Istighfar Multi Manfaat

Jika dosa mengakibatkan Kerugian yang banyak, istighfar mendatangkan Manfaat yang berlipat. Manfaat di dunia dan akhirat bisa didapatkan atas idzin Allah Subhanahu Wa Ta'ala. Seseorang pernah datang kepada al-Hasan al-Bashri Rahimahullah (seorang tabii) mengadukan wilayahnya yang mengalami kekeringan. Al-Hasan menasehatkan: Beristighfarlah kepada Allah. Orang lain datang mengadukan Kefakiran yang menimpanya. Al-Hasan menasehatkan: Beristighfarlah kepada Allah. Datang orang selanjutnya berkata: Doakan saya agar saya memiliki Anak. Al-Hasan berkata: Beristighfarlah kepada Allah.

Orang yang sejak awal menyimak percakapan al-Hasan dengan orang-orang tersebut menjadi heran. Sungguh menakjubkan, berbagai masalah resepnya sama. Beristighfarlah kepada Allah..!!!

Al-Hasan al-Bashri kemudian menunjukkan kepada firman Allah:

(10) فَقُلْتُ اسْتَغْفِرُوا رَبَّكُمْ إِنَّهُ كَانَ غَفَّارًا
(11) يُرْسِلِ السَّمَاءَ عَلَيْكُمْ مِدْرَارًا
(12) وَيُمْدِدْكُمْ بِأَمْوَالٍ وَبَنِينَ وَيَجْعَلْ لَكُمْ جَنَّاتٍ وَيَجْعَلْ لَكُمْ أَنْهَارًا

Maka aku (Nuh) berkata: Beristighfarlah (mohon ampunlah) kepada Tuhanmu, sesungguhnya Dia adalah Maha Pengampun. Niscaya Dia akan mengirimkan hujan kepadamu dengan lebat, dan membanyakkan harta dan anak-anakmu, dan mengadakan untukmu kebun-kebun dan mengadakan (pula di dalamnya) untukmu sungai-sungai. (Q.S Nuh:10-12).

Ayat tersebut telah menunjukkan manfaat istighfar yang luar biasa.

Beberapa fadhilah istighfar dari ayat ini:

1. Turunnya hujan lebat (menghilangkan kekeringan).

2. Membanyakkan harta : meluaskan rezeki.

3. Anugerah anak/keturunan.

4. Tanaman yang ditanam di sawah, ladang, atau kebun menjadi subur (tidak rusak/mati terkena penyakit).

5. Mengalirnya sungai-sungai sebagai pemicu tumbuhnya kehidupan yang lain.

Keutamaan istighfar tidak bisa didapatkan dengan hanya mengucapkan saja, namun juga diiringi Penghayatan hati dan Menjalankan konsekuensi bahwa ia benar-benar bertaubat kepada Allah.

Bagi yang belum memiliki anak, perbanyaklah istighfar. Jika tanaman anda selalu gagal panen, perbanyaklah istighfar. Bagi yang usahanya sering gagal, perbanyak istighfar. Jadikan istighfar adalah kesibukan anda.

 =====================

Dikutip dari Buku "Sukses Dunia Akhirat dengan Istighfar dan Taubat."

Al Ustadz Abu Utsman Kharisman Hafidzahullah.

=====================
telegram.me/alistiqomah